Mulai April Angkot di Bandung yang Tak Laik Jalan Bakal Dikandangkan

Sabtu, 31-03-2018 11:55 WIB    107 VIEWS
Mulai April Angkot di Bandung yang Tak Laik Jalan Bakal Dikandangkan

WARTABANDUNG.COM: Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung akan menindak dan melakukan operasi pada angkot yang tak laik jalan mulai April mendatang. Tak hanya angkot, Dishub juga akan melakukan operasi terhadap taksi maupun kendaran AKDP (Angkutan Kota Dalam Provinsi) dan AKAP (Angkutan Kota Antar Provinsi).

"Mudah-mudahan dipertengahan April kami bisa melaksanakan operasi penertiban untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat bahwa kendaraan itu laik jalan," ujar Kepala Bidang Pengendalian dan Ketertiban Transportasi (PDKT) Dishub Kota Bandung, Asep Kuswara kepada PRFM, Jumat (30/3/2018).

Asep menambahkan pihaknya terlebih dahulu akan melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah untuk menertibkan siswa SMA/SMK yang belum mempunyai SIM serta menertibkan kendaraan mereka (kendaraan yang dimodif).

"Setelah itu kami akan berkordinasi dengan Kapolrestabes Bandung untuk melaksanakan operasi gabungan dalam rangka memberikan kenyamanan kelaikan kendaraan bermotor bagi yang akan mudik ke kampung halamannya menjelang lebaran ataupun bagi warga Bandung," tambahnya.

Untuk mengecek ketidaklaikan angkot tambahnya hal itu bisa dilihat secara kasat mata. Misalnya kondisi fisik angkot yang sudah tidak layak, kemudian dilihat dari Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB), serta ada aplikasi yang bisa mengecek masa habis operasi kendaraan dari Nomor platnya. Sesuai Perda Nomor 4 Tahun 2017 untuk kendaraan angkot ataupun taksi, masa operasinya 10 tahun.

Terkait wacana akan "dikandangkannya" angkot yang tak laik jalan, Asep mengaku pihaknya akan menggodok terlebih dahulu payung hukumnya, karena belum ada Perda yang mengatur tentang hal itu.

"Karena payung hukum untuk mengkandangkan belum ada, kami akan menggodok dulu. Mudah-mudahan tahun ini beres," pungkasnya.

Sebelumnya, diberitakan jumlah angkot di Kota Bandung sebanyak 5.318. Dari jumlah tersebut, sebanyak 1.461 angkot tak laik jalan. (**)