GMPK Menolak Pj Gubernur Jabar Iriawan

Jumat, 22-06-2018 16:21 WIB    465 VIEWS
GMPK Menolak Pj Gubernur Jabar Iriawan

PERNYATAAN SIKAP GERAKAN MASYARAKAT PEDULI KONSTITUSI JAWA BARAT (GMPK JABAR) SERUAN UNTUK SELURUH MASYARAKAT JAWA BARAT Bismillahirahmannirahim

Assalamualaikum wr.wb

Salam Sejahtera bagi kita semua Sampurasun Mencermati peristiwa pelantikan Komjen Pol. Muhammad Iriawan oleh Mendagri berdasarkan Keputusan Presiden sebagai Penjabat Gubernur Jawa Barat, Kami Gerakan Masyarakat Peduli Konstitusi Jawa Barat menyatakan sikap sebagai berikut :

1. Menolak kembalinya aparatur bersenjata ke ranah pemerintahan sipil karena hal ini mencederai demokrasi dan mengkhianati perjuangan reformasi 1998 yang sudah bersusah payah menghancurkan dwifungsi ABRI dan bercita-cita membangun civil society. Pengangkatan Komjen Pol M. Iriawan adalah antiklimaks dari perjuangan reformasi. Untuk itu, kami menyerukan agar seluruh aktivis 98 dan seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama kami menolak Keppres pengangkatan Komjen Pol M. Iriawan dan turut serta mengawal Supremasi Sipil sebagai amanat perjuangan reformasi.

2. Keppres pengangkatan Penjabat gubernur ini, berpotensi melanggar Undang-Undang Kepolisian, Undang-Undang Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Undang-Undang Pilkada, untuk itu kami mendorong DPR RI segera melakukan hak angket dan atau hak interpelasi demi tegaknya Konstitusi Republik Indonesia.

3. Pemerintahan yang benar adalah pemerintahan yang tidak melawan hukum dan perundang-undangan yang berlaku. Untuk itu kami melawan setiap bentuk pelanggaran terhadap konstitusi demi tegaknya NKRI yang kuat. Presiden sebagai kepala negaran dan pemerintahan harus bertanggungjawab dan memberi contoh penyelenggaraan pemerintahan yang baik dan benar.

4. Mendukung Kepolisian RI agar menjadi lembaga penegak hukum dan alat negara yang mengayomi dan melayani seluruh rakyat Indonesia dan bukan menjadi alat politik kelompok manapun.

5. Mendesak Presiden untuk segera mengangkat penjabat gubernur yang baru yang sesuai Undang-Undang yang berlaku. Jayalah Indonesia. Merdeka! Merdeka! Merdeka! Wassalamualaikum wr. Wb

Bandung, 22 Juni 2018

Narahubung dan korlap

ttd

Julhayadi Arya Puntara (082219395762)