Panwaslu Kab Bandung Gelar Patroli Pengawasan APK

Rabu, 27-06-2018 07:06 WIB    85 VIEWS
Panwaslu Kab Bandung Gelar Patroli Pengawasan APK

WARTABANDUNG.COM: Pilkada serentak akan di gelar Rabu (27/6) hari ini,  pada hari pemilihan dilakukan di 171 tingkat pemilihan dari tingkat provinsi hingga kabupaten kota, termasuk Pilkada Gubernur dan wakil Gubernur Provinsi Jawa Barat.

Terkait dengan hal tersebut, dimana telah memasuki masa tenang melakukan kampanye, Anggota Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Bandung Januar Solehuddin Kordinator divisi Hukum Penindakan Pelanggaran melakukan patroli pengawasan di masa tenang Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat Tahun 2018.

Giat patroli yang dilakukan ialah mengidentifikasi titik rawan pelangaran diwilayah masing-masing, Klasifikasi data hasil pengawasan, dan laporan kegiatan patroli pengawasan pada masa tenang dan punggut hitung.

“Di masa tenang seperti ini sangat rawan terjadinya pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan oleh tim kampanye dan peserta pemilu, oleh sebab itu kita melakukan patroli pengawasan sejak hari minggu sampai dengan hari selasa menjelang pelaksaanaanya pemilihan serentak” ujar januar saat di temui ketika melakukan patroli.

Lebih lanjut, patroli ini juga dilakukan di panitia pengawas pemilu tingkat Kecamatan Se-Kabupaten Bandung, agar memastikan tidak terjadinya Money Politic seperti istilah yang sering kita dengan menjelang pemilihan ialah “Serangan Fajar” hingga hari H.

“kami juga mengajak seluruh stake holder termasuk masyarakat untuk ikut berperan sebagai pengawas partisipatif. Ketika ada yang menemukan pelanggara yang terjadi di masa tenang ini, segera laporkan kepada kami Panwaslu Kabupaten bandung atau Panwas Kecamatan yang ada di 31 kecamatan Se-Kabupaten Bandung” ujarnya.

Tuturnya, Adapun Pelaksaanaan patroli pengawasan ini sesuai dengan SE (Surat Edaran) Bawaslu RI Nomor 0885/K.Bawaslu/PM.01.00/VI/2018 tanggal 7 juni 2018 tentang Kegiatan Patroli Pengawasan Pada Masa Tenang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota 2018, Bawaslu RI mengintruksikan Kepada Bawaslu Provinsi dan Jajarannya untuk melaksanakan PATROLI PENGAWASAN di masing-masing Daerah Pelaksanaan Pilkada Tahun 2018. Terdapat 10 poin fokus Pengawasan yang dilaksanakan pada PATROLI PENGAWASAN oleh anggota Panwaslu Kabupaten Bandung antara lain ;

1.Memastikan APK dan stiker paslon sudah tidak ada, termasuk pada mobil brandjng paslon,

2.Memastikan tidak ada lagi sosialisasi atau pertemuan paslon atau tim sukses yang berbau kampanye, 3.Memastikan birokrasi, pns, tni/polri dan kades serta perangkatnya tidak mengambil langkah/kebijakan yang menguntungkan paslon tertentu,

4.Memastikan tdk ada paslon atau tim yg melakukan money politik/politisasi SARA,

5.Memastikan tdk ada intimidasi untk mempengaruhi pemilih,

6.Memastikan TPS telah didirikan oleh KPPS paling lambat 1 hari sebelum hari H,

7.Memastikan C6 (surat pemberitahuan) memilih sdh terdistribusi pada pemiliknya,

8.Memastikan logistik pilkada sdh tiba di PPS paling lambat 1 hari sebelum hari pemungutan suara, 9.Memastikan pemilih yg akan pindah memilih difasilitasi untk mendapatkan formulir C5.KWK,

10.Memastikan KPPS yg bertugas sdh memiliki SK.