NUS Enterprise dan Salim Group Luncurkan BLOCK71 Bandung

Minggu, 28-10-2018 14:34 WIB    28 VIEWS
NUS Enterprise dan Salim Group Luncurkan BLOCK71 Bandung

WARTABANDUNG.COM: NUS Enterprise, divisi kewirausahaan dari Universitas Nasional Singapura (NUS), bermitra dengan Salim Group, meluncurkan BLOCK71 Bandung pada hari ini Kamis (25/10).

Melanjutkan kesuksesan BLOCK71 Jakarta yang didirikan pada bulan Juli 2017, kedua belah pihak sekarang mendirikan BLOCK71 Bandung dengan tujuan untuk mengembangkan ekosistem kewirausahaan yang dinamis dan berkelanjutan di Indonesia dan khususnya di wilayah Bandung.

Selain meluncurkan BLOCK71 Bandung, kedua belah pihak juga menambahkan satu kota baru lagi di Indonesia pada keluarga BLOCK71 dengan menghadirkan BLOCK71 Yogyakarta. Diadaptasi dari kesuksesan BLOCK71 di pusat kewirausahaan Singapura, lokasi BLOCK71 Bandung sangat strategis dan berada di dekat universitas-universitas lokal.

BLOCK71 Bandung juga akan terhubung dengan tempat-tempat kewirausahaan yang sedang berkembang. BLOCK71 Bandung terletak di daerah yang strategis yaitu di Dago dan berdekatan dengan Institut Teknologi Bandung (ITB).

BLOCK71 Bandung diluncurkan hari ini dan diresmikan oleh Bapak Anil Kumar Nayar, Duta Besar Singapura untuk Republik Indonesia dan dihadiri oleh H. Mochamad Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat. “NUS senang dapat memperdalam hubungan kami dengan Salim Group melalui peluncuran dua lokasi BLOCK71 baru di Bandung dan Yogyakarta. Ekspansi kami di Indonesia ini sejalan dengan pertumbuhan dan semangat dari kewirausahaan lokal. Secara kolektif, ketiga lokasi BLOCK71 milik NUS di Indonesia akan memfasilitasi pertukaran informasi yang lebih besar, memperkuat konektivitas dan mendorong pertumbuhan antara ekosistem start-up di Singapura dan Indonesia.

Lokasi BLOCK71 ini akan membuka pintu untuk para start-up dari Singapura dan keluarga BLOCK71 untuk mengembangkan eksistensi mereka di Indonesia serta memfasilitasi akses ke pasar internasional bagi start-up lokal,” kata Presiden NUS, Profesor Tan Eng Chye.

“Kami senang dapat bekerja sama lagi dengan NUS Enterprise untuk memperluas jejak BLOCK71 di Indonesia. Kami ingin mendukung wirausahawan serta membangkitkan komunitas lokal, dan kami berharap inisiatif ini akan mendorong lebih banyak anak muda untuk mengembangkan minat dalam arena teknologi digital serta terdorong untuk menjadi wirausahawan.

Kami juga ingin membawa inisiatif ini ke benua lain seperti Afrika dan Tiongkok, dalam waktu dekat,” kata Axton Salim, Direktur Eksekutif Salim Group. BLOCK71 Bandung akan mendukung pengembangan inovasi dan kewirausahaan khususnya di wilayah Bandung, dengan menjadi ecosystem builder dan global connector. Start-up di Bandung dapat memperoleh manfaat dari dukungan inkubasi, inisiatif kewirausahaan (seperti kompetisi bisnis, konferensi dan acara kewirausahaan) dan kesempatan untuk menguji coba ide-ide atau teknologi baru di pasar Indonesia dan luar negeri melalui jaringan BLOCK71. Pengusaha yang berbasis di Bandung juga dapat mengakses sumber daya dan kontak yang berada dalam jaringan global BLOCK71, serta fasilitas BLOCK71 lainnya yang berada di Jakarta dan Yogyakarta (Indonesia), Singapura, Suzhou (Tiongkok) dan San Francisco (Amerika Serikat) untuk memulai perjalanan kewirausahaan mereka dan memperoleh akses ke pasar internasional. NUS Enterprise, bersama dengan Salim Group, akan menyelenggarakan program-program yang terkait dengan kewirausahaan di BLOCK71 Bandung.

Program-program ini tidak hanya bermanfaat bagi komunitas pengusaha di Bandung, tetapi juga akan memberikan peluang kolaborasi dan networking bagi mahasiswa dan komunitas pengusaha dari Singapura, serta lembaga pendidikan tinggi seperti ITB (Institut Teknologi Bandung) dan universitas lokal lainnya; dan juga menawarkan peluang pertumbuhan bagi sumber daya manusia di bidang digital dan teknologi. BLOCK71 adalah inisiatif NUS Enterprise melalui kerja sama kolaboratif dan strategis dengan perusahaan dan lembaga pemerintah untuk menyediakan peluang bagi perusahaan dan pengusaha teknologi start-up agar dapat tumbuh dan bersinergi di pasar baru. Kerja sama di kedua lokasi yakni Bandung dan Yogyakarta ini mensinergikan pengalaman NUS Enterprise, yang secara luas diakui sebagai mesin di belakang ekosistem pengusaha berbasis universitas terkemuka di Asia, serta rekam jejak Salim Group, yang produk-produknya sangat dikenal dan ada di hampir setiap rumah tangga Indonesia. BLOCK71 Bandung mulai beroperasi pada pertengahan Oktober 2018 dan grup start-up pertama akan mulai berkantor di BLOCK71 Bandung pada bulan November 2018. Dr Lily Chan, CEO NUS Enterprise, menambahkan, “Start-up dari Singapura dan daerah lain yang sedang mencari peluang bisnis di Indonesia dapat memanfaatkan lokasi baru dari BLOCK71 untuk lebih memahami pasar Indonesia dan memperluas jaringan mereka hingga membangun komunitas teknologi yang baru.

Pengusaha, perusahaan, mahasiswa, dan investor yang berbasis di Indonesia juga dapat mencari tahu lebih banyak tentang Singapura dan pasar lainnya melalui program, acara, dan kegiatan yang diadakan di sini.” ujarnya kepada jabarnews.id. (**)