Gubernur Jabar Launching Design Masjid Untuk Gaza

Senin, 28-01-2019 15:54 WIB    28 VIEWS
Gubernur Jabar Launching Design Masjid Untuk Gaza

WARTABANDUNG.COM - - Gubernur Jawa Barat H.Mochamad Ridwan Kamil,ST.,MUD melakukan launching "Jawa Barat Peduli Palestina dan Design Masjid Besar Di Gaza Palestina". Istimewanya Ridwan Kamil juga sebagai design sekaligus arsitektur masjid yang diberi nama Masjid Syiekh Ajlin

 

Selaku designer Masjid Syeikh Ajlin yang juga Gubernur Jawa Barat menyampaikan bahwa suatu kehormatan dan keterharuan tersendiri mana kala diajak turut ikut serta dan peduli pada Palestina. Ia menceritakan Ramadhan 2017 saat dirinya masih menjadi Walikota Bandung diajak untuk membantu perjuangan rakyat Palestina. Ia pun menyanggupi dengan akan mendesign sebuah masjid yang dibutuhkan di Gaza.

 

 

“Sekarang baru terwujud saat menjadi Gubernur dan tanpa jabatan apa pun insya Allah saya akan terus peduli,”ujar pria yang akrab disapa Emil ini di Masjid Salman ITB, Minggu (27/1/2019)

 

 

Menurutnya sudah menjadi kewajiban bahwa setiap muslim harus peduli pada saudaranya khususnya rakyat Palestina yang hingga kini belum merdeka. Ia menjelaskan kedepeduliannya terhadap pembangunan masjid khususnya terkait design sudah dilakukan sejak kecil dan merupakan wasiat dari almarhum ayahnya.

 

 

“Sejak kecil saya sudah diajak ayah saya dalam membangun masjid didekat di rumah.Dalam wasiatnya beliau berpesan agar saya jangan berhenti membangun masjid. Alhamdulillah itu saya lakukan kalau belum mampu membangun masjid secara utuh menimal turut membuatkan designnya,” jelasnya yang hingga saat ini sudah 30 masjid yang didesignnya.

 

 

Ia menambahkan dalam mendesign masjid Masjid Syeikh Ajlin mempunyai tantangan tersendiri karena adanya ekspektasi penduduk sekitarnya dan nilai historis masjid sebelumnya yang harus ia masukkan. Akhirnya ia membuat beberapa design yang kemudian ditawarkan kepada penduduk sekitar untuk dipilih dan akhirnya ada satu design yang dipilih.

 

 

Beberapa keunikan dari Masjid Syeikh Ajlin di Jalur Gaza Palestina ini selain tetap menampilkan nuasa islami dan kearifan lokal juga dimasukkan unsur seni Indonesia khususnya Jawa Barat. Untuk dinidingnya ada relief asmaul husna. Kemudian untuk dekorasi interiornya akan ada nuasa khas Jawa Barat.

 

 

Sementara itu terkait biaya pembangunannya yang mencapai hingga Rp.20 milyar, dirinya optimis akan tercapai. Menurut dengan keterlibatan dan kepedulian semua pihak baik individu,lembaga maupun Pemerintah Jawa Barat  dan umumnya masyarakat Indonesia hal ini akan dapat terpenuhi.

 

 

“Menurut survey masyarakat Indonesia itu masyarakat yang optimis dan dermawan. Pengalaman saya menggalang dana untuk peduli Uyghur telah membuktikan dan Insya Allah dalam waktu yang tidak lama dana pembangunan Masjid Syeikh Ajlin di Jalur Gaza Palestina ini tercapai,”ajaknya optimis.

 

Pembangunan Masjid Syeikh Ajlin di Gaza ini didukung oleh Aman Palestin Indonesia dan Badan Wakaf Salman ITB. Kedua lembaga ini turut penggalangan dana dan sosialisasi program.  [ ]

 

Rep: dimas

Editor admin

Foto: dimas