CI dan BNPB Gelar Seminar Sinergitas Pentahelix Untuk Wujudkan Citarum Harum

Sabtu, 23-02-2019 15:07 WIB    25 VIEWS
CI dan BNPB Gelar Seminar Sinergitas Pentahelix Untuk Wujudkan Citarum Harum

WARTABANDUNG.COM - - Ratusan kilo meter aliran Sungai Citarum telah memberikan manfaat dan energi bagi puluhan juta penduduk di Jawa Barat hingga Jakarta. Selain itu baik langsung atau pun tidak langsung, Sungai Citarum juga telah memberikan sumber penghidupan khsusunya bagi masyarakat sekitar maupun penduduk Jawa Barat pada umumnya.

 

Demikian diungkapkan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Doni Monardo dalam acara Bedah Buku Dan Seminar Nasional yang bertema “Model Sinergitas Pentahelix Merawat Alam & Mitigasi Bencana” di Grand Asrilia Hotel Kota Bandung, Jumat ( 22/2/2019)

 

Letjen Doni menambahkan keberadaan Sungai Citarum sejak dulu hingga saat ini juga masih menjadi urat nadi perekomian khususnya bagi masyarakat Jawa Barat bahkan Jakarta.

 

“Untuk itu upaya mewujudkan kembali Citarum yang harum dimana saat ini tercemar harus terus diupayakan dan tidak boleh menyerah,”imbuh mantan Pangdam III Siliwangi ini.

 

Ia pun mengajak peran aktif semua pihak dalam mewujudkan program Citarum Harum. Menurutnya sinergitas pentalix sudah sangat tepat yakni dengan bekerja sama antara para akademi, bisnis (pelaku usaha), komunitas, pemerintah dan media akan menjadikan program Citarum Harum ringan untuk diwujudkan.

 

Sementara dalam sambutannya Dr.Eki Baihaki selaku Ketua Panitia memaparkan penggunaan model Pentahelix ini juga diharapkan dapat meningkatkan rasa kebersamaan segenap Bangsa dan warga negara melalui Aksi Nasional Bela Negara.

 

“Dalam praktiknya hal ini merupakan smart power sebagai perwujudan aksi Bela Negara yang berbasis budaya dan kearifan lokal melalui penerapan skill, strategy, system, dan structure dalam mencapai target yaitu kemakmuran rakyat,” ungkap Dr.Eki yang juga Ketua Citarum Institut.

 

Ia menambahkan bahwa tujuan sinergi adalah mempengaruhi perilaku orang secara individu maupun kelompok untuk saling berhubungan, melalui dialog kontruktif untuk keberhasilan bersama.Sinergi adalah saling mengisi dan melengkapi perbedaan untuk mencapai hasil yang lebih besar daripada jumlah bagian per bagian.

 

“Alhamdulilah sejak awal tahun 2018 telah hadir Program Citarum Harum, yang secara regulasi diperkuat dengan Perpres No 15 tahun 2018. Program tersebut telah menerbitkan optimisme dan harapan baru dengan hadirnya partisipasi publik yang signifikan, dalam menjawab problematik masalah Citarum yang demikian terstruktur sistimatis dan masif. Bahkan sempat menimbulkan pesimisme publik untuk pemulihannya. Namun dengan adanya sinergitas ini Citarum Harum bukanlah sebuah mimpin dan kita akan segera mewujudkannya,”ungkapnya optimis yang sambut tepuk tangan hadirin.

 

Selain Kepala BNPB Letnan Jenderal TNI Doni Monardo, hadir dan memberikan sambutannya adalah Deputi 4 Kemenko Maritim Dr. Ir. Safri Burhanuddin, DEA dan juga Gubernur Jawa Barat Mochamad Ridwan Kamil, ST, MUD.

 

Acara kemudian dilanjutkan dengan diskusi yang disampaikan para pakar dan ahli diberbagai bidang. Kegiatannya sendiri diikuti seribuan peserta dari berbagai kalangan dan dari berbagai daerah di Indonesia. [ ]

 

Rep & foto: iman

Editor: admin