Bubos 2019: Dalami Makna Berbagi dan Kebersamaan Masyarakat Jawa Barat

Senin, 27-05-2019 11:14 WIB    19 VIEWS
Bubos 2019: Dalami Makna Berbagi dan Kebersamaan Masyarakat Jawa Barat

WARTABANDUNG.COM: Pemerintah Daerah Provinsi (Pemdaprov) bekerjasama dengan Jabar Bergerak, Tim Penggerak PKK Jawa Barat, dan sponsor menggelar Buka Bersama On The Street (Bubos) 2019 di Area Gedung Sate, Jl. Diponegoro Kota Bandung, Sabtu (25/5/2019). 

Ketua Tim Penggerak PKK Jawa Barat, Atalia Praratya Kamil, mengatakan bahwa sekisar 10 ribu masyarakat, yang terdiri dari Aparatur Sipil Negara (ASN) dari 50 OPD Provinsi, kaum dhuafa, lansia, komunitas, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), dan umum, direncanakan hadir dalam acara tersebut. 

Dengan mengusung tema ‘Memuliakan Al-Quran, Memperkuat Ukhuwah, Menghadirkan Cinta’, Bubos 2019 bertujuan untuk mendalami makna indahnya berbagi dan kebersamaan yang terjalin di Jawa Barat. Hal itu tercemin dari konsep acara yang mana setiap masyarakat ikut serta dalam kegiatan berbagi. 

“Jadi ini sebenarnya botram masyarakat Jawa Barat. Jadi, komunitas itu diwajibkan membawa anak yatim sendiri, lalu menyantuni sendiri, mereka memberi makan sendiri. Yang kita siapkan adalah tempat supaya kita makan bersama-sama,” ucap Atalia di Aula Barat Gedung Satu, Sabtu (25/5/2019).

“Ini benar-benar kebersamaan warga masyarakat . Jadi nanti akan hadir para tokoh, SKPD, nanti semua masyarakat yang terlibat,” lanjutnya. 

Atalia Praratya juga menyatakan bahwa Bubos merupakan cerminan dari visi misi Jawa Barat Juara Lahir Batin. Salah satu contohnya adalah final lomba adzan, tahfiz, dan tadarus Quran. Nantinya, peserta yang mendapatkan nilai tertinggi akan tampil di panggung utama. 

“Ini penting karena agama itu menjadi dasar anak-anak Jawa Barat. Jadi, Juara Lahir Batin enggak cuma fisiknya seperti insfrastruktur, tetapi juga pemerintah memikirkan masa depan bangsa dengan penanaman nilai-nilai agama,” katanya. 

Selain itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kami dijadwalkan menggelar konferensi video (teleconference) guna menyapa seluruh Kepala Daerah di Jawa Barat. Mengingat, ke-27 Kabupaten/Kota menggelar acara serupa di masing-masing daerah. 

Kebersamaan terlihat pula dari pengiriman makanan untuk warga prasejahtera secara serentak di seluruh Kabupaten/Kota Jawa Barat. Kegiatan tersebut merupakan salah satu kerjsama antara Pemdaprov Jawa Barat dan Go-Jek. 

Bubos 2019 sendiri akan dimulai pada pukul 15:30 WIB yang diawali dengan tadarus Qur’an bersama Ustaz Aam Amirudiin serta tausyah dari dai cilik. Selain itu, ada fashion show yang dipersembahkan oleh Shafira. Kemudian, hiburan dari Ega Robot dan penyanyi ternama Afgan Syahreza.

Pemdaprov Jawa Barat menyampaikan permohonan maaf apabila terjadi kemacetan di sekitar Jl. Dipenogoro Kota Bandung. Pasalnya, kegiatan Bubos 2019 tak cuma digelar di area Gedung Sate, tetapi juga separuh ruas Jl. Dipenogoro.

Humas Jabar