Yayasan Saman Gelar Dauroh Penghafal Al Quran Bagi Tunanetra

Kamis, 30-05-2019 21:48 WIB    21 VIEWS
Yayasan Saman Gelar Dauroh Penghafal Al Quran Bagi Tunanetra

WARTABANDUNG.COM- - Yayasan Sam'an Netra Mulia menggelar kegiatan “Dauroh Penghafal Al Quran Tunanetra”. Acara yang diselenggarakan di Mesjid Darushudur, RW 23 , Kp. Sekegawir, Ds. Cimenyan, Kab. Bandung selama dua hari Selasa-Rabu (21 – 22 Mei 2019) ini diikuti 50 orang dari berbagai daerah di Jawa Barat.

 

Menurut Dani Nurakhman selaku ketua panitia dauroh menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan memberikan penghargaan sekaligus membantu para hafidz tunanetra dalam usaha menjaga hafalan Al Quran. Selain itu juga ingin membangun jaringan silaturahim dan komunikasi di antara para penghafal Al Quran tunanetra secara pribadi maupun lembaga.

“Momen Ramadhan sebagai bulan Al Quran juga kita ingin mensyiarkan kepada masyarakat adanya para penghafal Al Quran Tunanetra dengan segala aktifitasnya sehingga menjadi sumber motivasi dan inspirasi yang positif khususnya dalam mencintai Al Quran,”ungkapnya dalam keterangan tertulisnya.

 

Dani menambahkan dalam kegiatan ini para peserta terdiri dari atas nama pribadi dan perwakilan lembaga pendidikan formal (SLB) / ma’had Al Quran. Rangkaian acara terdiri dari beberapa macam, yaitu tausyiah dari para Hafidz Al Quran Tunanetra yang sudah berpengalaman dan pengurus Pesantren Tahfidz Tunanetra Sam’an Darushudur, diskusi, murojaah di samping buka iftar dan sahur bersama.

“Di akhir acara para peserta dibagikan alat bantu murojaah berupa music box atau mp3 player,”tambahnya.

 

Programnya sendiri diikuti 46 orang. Peserta 36 orang, 10 orang fasilitator. Peserta terdiri dari beragam usia mulai dari belasan tahun sampai 40 tahunan serta berasal dari beragam daerah umumnya dari wilayah Jawa Barat.

 

Sementara pemateri pertama Ust. Muhayat, Al hafidz selaku master trainer hafidz di Ma'had Sam'an Darusshudur yang memberikan tips dalam melakukan murojaah. Kemudian dilanjutkan dengan simaan Al Quran yang dilantunkan oleh salah satu santri MSD sampai Maghrib dilanjutkan buka iftar bersama.

Setelah sholat tarawih peserta mengikuti sesi diskusi yang menampilka n pengalaman para hafidz dalam proses penghafalan dan murojaahnya, diantaranya

1. Ust ade rahmat gumilar, S.Pd. alhafidz ( asatidz ma'had sam'an darusshudur)

2. Ust. Solahudin, al hafidz ( asal kuningan, saat ini sedang kuliah di PTIQ Ciputat )

3. Ust. Nu'man, alhafidz (asal majalengka, saat ini berakaktifitas di yayasan wiyata mandiri citeureup)

4. Ust. Mukhtar Arifin, S.Pd., alhafidz ( asal lampung, saat ini aktif di salah satu pendidikan islam di jakarta)

 

Di samping forum sharing pengalaman para hafidz, disepakati juga oleh semua peserta bahwa kegiatan dauroh harus ada kelanjutannya dan juga perlunya dibangun wadah sebagai sarana silaturahim, komunikasi dan pengembangan dakwah bagi para hufadz.

Sementara pada malam harinya para peserta mengikuti sholatul lail mulai jam 02.30 yang dipimpin oleh ust. Solahudin, al hafidz. Bada sholatul lail para peserta mengikuti sahur bersama. Bada shubuh mengikuti materi kedua dari Ust. Mukhtar Arifin, S.Pd. al hafidz yang memberikan motivasi kepada para peserta agar tetap semangat dan istiqomah dalam murojaah.

Dilanjutkan dengan sesi orientasi wilayah pesantren tahfidz tunanetra sam'an darusshudur. Kegiatan dilakukan dengan berjalan beriringan mengikuti rute yang sudah ditentukan mengenal beberapa sarana yang ada di pondok.

Setelah istirahat untuk mandi dll peserta mengikuti materi ketiga dari Ust Muhamad Suhud, alhafidz. Teknis materi ketiga dilakukan via telepon karena ust M. Suhud, alhafidz saat itu ada di jakarta. Beliau yang berasal kediri, saat ini sebagai pembina yayasan Usyaqil Quran.

Materi ke empat disampaikan oleh Ust. DR. Ridwan Effendi, M. Ag. selaku Pembina Yayasan Sam'an Netra Mulia Berkah yang memaparkan latar belakang diselenggarakannya Dauroh dan menginformasikan agenda pengembangan program dauroh.

“Kegiatan ditutup dengan pembacaan doa dan yang dilanjutkan dengan sesi foto bersama,”pungkas Dani.

 

Bagi pembaca ingin membantu mewujudkan cita-cita mereka menjadi hafidz Quran Tunanetra bisa disalurkan via BSM : 712 777 1213, Mandiri : 13000 8000 2929, BNI Syariah : 300 100 8009, BCA : 81008 29291 , a/n Sam'an Netra Mulia atau konfirmasi ke: 0815-7342-9999 ( Dani ).

 

 

Red: admin

Editor: admin

Foto-foto: dani