Masih Padat, One Way Masih Diberlakukan di Lembang

Kamis, 06-06-2019 21:36 WIB    41 VIEWS
Masih Padat, One Way Masih Diberlakukan di Lembang

WARTABANDUNG.COM: Wilayah Lembang selalu jadi tujuan para wisatawan saat momen libur panjang. Hal tersebut menjadikan jalur Lembang kerap padat merayap oleh arus kendaraan para wisatawan.

Kapolres Cimahi, AKBP Rusdy Pramana Suryanagara menuturkan, sistem rekayasa lalu lintas (lalin) satu arah (one way) berulang kali dilakukan untuk mengurai kepadatan yang terjadi di jalur Lembang sejak pagi hari hingga pukul 19.30 WIB.

Sebelum kepadatan arus kendaraan di jalur Lembang mereda, kata Rusdy, rekayasa one way akan diberlakukan secara situasional.

"Sudah 13 kali one way, baik dari atas maupun ke bawah," katanya saat ditemui di sela-sela pengaturan lalu lintas (lalin) di depan Grand Hotel Lembang, Kamis (6/6/2019), seperti dirilis PRFMNews.

Kepadatan volume kendaraan yang terjadi di kawasan Lembang tak hanya disebabkan arus wisatawan dari arah bawah (Jalan Doktor Setiabudi dan Kolonel Masturi). Dikatakan Rusdy, peningkatan volume kendaraan juga disumbang oleh arus kendaraan dari arah Subang.

"Ditambah juga hari ini, kepadatan tidak hanya dari bawah, tapi dari arah atas juga datang dari arah Subang. Peningkatan jumlah kendaraan cukup signfikan dibanding kemarin," imbuhnya.

Rusdy menjelaskan, rekayasa one way yang diberlakukan terbagi atas dua jenis, yakni one way pendek dan one way panjang. Penerapan rekayas one way disesuaikan dengan kondisi kepadatan yang terjadi di jalur Lembang.

"One way ini tidak hanya pendek dari simpang Lembang sampai simpang Beatrix. Kalau one way panjang dari simpang Panorama sampai simpang Beatrix," katanya. (**)