Massa AKAB Jabar Gelar Aksi Solidaritas Untuk Uighur

Senin, 23-12-2019 18:58 WIB    103 VIEWS
Massa AKAB Jabar Gelar Aksi Solidaritas Untuk Uighur

WARTABANDUNG.COM - - Ratusan massa dari kalangan muslim yang tergabung dalam Aliansi Kemanusiaan Adil dan Beradab (AKAB) Jawa Barat melakukan aksi solidaritas untuk muslim Uighur, Senin (23/12/2019). Aksi solidaritas ini dimulai dari depan kantor DPRD Jabar Jl.Diponegoro Kota Bandung dengan melakukan orasi. Dalam orasinya  mengecam dan mengutuk tindakan biadab yang dilakukan pemerintah China terhadap etnis Uighur yang mayoritas muslim.

 

 

“Tindakan pemerintah China terhadap etnis Uighur adalah perbuatan biadab dan diluar batas kemanusiaan di abad modern ini. Tidak harus menjadi muslim, Anda cukup menjadi manusia untuk menaruh empati, simpati dan solidaritas sesama manusia terhadap mereka,” ungkap salah satu orator.

 

 

Menurut mereka dunia layak mengutuh pemerintah China yang berpaham komunitas atas tindakan represif dan brutal tersebut. Mereka juga menyebut ideologi komunitas yang anti agama turut memotivasi pemerintah China dalam memberangus etnis Uighur yang mayoritas muslim yang taat.

 

 

Massa aksi kemudian melanjutkan longmarch dengan menyusuri jalan-jalan protokol Kota Bandung salah satunya di Jl.Merdeka. Tepat didepan pusat perbelanjaan Bandung Indah Plaza (BIP) kembali mereka melakukan orasi. Hal ini cukup mendapat perhatian dari pengunjung mall dan para pejalan kaki.

 

 

Usai melakukan orasi, massa melanjutkan longmarch menuju pusat kota atau tepatnya di depan Gedung Merdeka di Jl.Asia Afrika. Sebelum melakukan orasi, di gedung bersejarah ini massa melaksanakan shalat Dhuhur berjamaah dengan memanfaatkan separuh bahu jalan. Sebagian orator menyebut pemerintah Indonesia harus mengambil sikap dan tindakan tegas terhadap pemerintah China.

 

 

"Indonesia yang berdasar Pancasila dimana sila ke dua adalah Kemanusian Yang Adil dan Beradab, maka tindakan pemerintah China terhadap etnis Uighur sungguh tidak berperi kemanusiaan dan tidak beradab,"ungkapnya.

 

 

 Dengan pengawalan sejumlah personil polisi dari Polrestabes Bandung, aksi ini berjalan dengan tertib, aman dan terkendali. [ man ]