Formasi Bandung Tolak Pawai Budaya Lintas Agama dan Pengaturan Materi Khutbah Jumat

Senin, 03-02-2020 17:58 WIB    201 VIEWS
Formasi Bandung Tolak Pawai Budaya Lintas Agama dan Pengaturan Materi Khutbah Jumat

WARTABANDUNG.COM - - Puluhan massa yang tergabung Forum Ormas Islam (Formasi) Bandung Raya menggelar aksi di depan Balikota Bandung Jl Wastukencana, Senin (3/2/2021). Dalam orasinya para perwakilan ormas Islam menyampaikan penolakan adanya acara yang akan digelar Pemkot Bandung yang bertajuk “Pawai Budaya Linta Agama 2020”.

 

Menurut para orator menilai bahwa acara tersebut syarat dengan muatan pluaralisme agama yang bertentangan dengan ajaran Islam.

 

“Mencampuradukkan ajaran agama dalam budaya apalagi ini dikemas dengan pawai budaya jelas lintas agama sangat mencederai nilai toleransi yang hakiki,”ungkap orator dari PASS.

 

Sebagian massa mengikuti orasi, para perwakilan ormas Islam melakukan audiensi dengan Walikota Bandung Odded M Danial di Kantor Walikota.

 

Namun menurut Iwan selaku koordinator aksi menyampaikan bahwa Walikota Bandung sedang tidak ada ditempat dan hanya diterima stafnya saja.

 

“Kita sudah sampaikan aspirasi Formasi untuk segera disampaikan kepada Bapak Walikota. Pertama agar rencana acara pawai budaya lintas agama dibatalkan,”ungkapnya kepada awak media.

 

Kedua, sambung Iwan, untuk disampaikan juga kepada Kemenag Kota Bandung agar menolak rencana pengaturan materi khutbah Jumat oleh Kemenag Pusat.

 

“Ketiga menghimbau agar untuk sementara Pemkota Bandung tidak menerima atau menolak kedatangan turis dari China. Hal ini untuk mencegah berkembangnya wabah virus corona di Kota Bandung,”tegasnya.

 

Menjelang Dhuhur massa membubarkan diri, namun menurut Iwan pihaknya akan terus memantau perkembangan selanjutnya dan akan mendatangkan massa yang lebih banyak lagi jika acara pawai budaya lintas agama tetap di gelar.

 

Sebagaimana diberitakan sebelumnya Pemerintah Kota Bandung akan menyelengarakan pawai budaya lintas agama pada 15 Februari 2020 mendatang. Hal itu dilakukan untuk menjaga kondusivitas antar umat beragama dan saling menjaga kerukunan di Kota Bandung.

 

“Sebenarnya mau diadakan pada tanggal 18 Januari 2020 tapi permintaan dari pemuka agama dari hasil rapat diputuskan diundur ke 15 Februari 2020 supaya persiapannya lebih gebyar. Rencana kita mengadakan pawai budaya lintas agama ada Islam, Kristen (Katolik, Protestan,) Hindu, Budha dan Konghucu, nanti kita akan pawai di Asia Afrika, mereka menunjukan khas budayanya masing-masing, dan ini baru pertama kali di indonesia, “jelas Wali Kota Bandung Oded M Danial di Jalan Suryani Kota Bandung, sebagaimana dikutip beritainspiratif.com, Senin (20/1/2020).

Rep: admin