DPRD Kab Bandung Dinilai KPJB Masih Lumpuh Menjalankan Fungsinya

Sabtu, 06-06-2020 11:06 WIB    57 VIEWS
DPRD Kab Bandung Dinilai KPJB Masih Lumpuh Menjalankan Fungsinya

WARTABANDUNG.COM: DPRD Kab Bandung, menilai masih lumpuh dalam manjalankan tugas fungsinya. Demikian menurut Lili Muslihat ketua Komite Peduli Jawa Barat (KPJB) Kab Bandung. Lili Muslihat saat ditemui di Komplek Perkantoran Pemkab Bandung, Soreang. Rabu (3/06/2020).

Menurut Lili, fungsi DPRD sesuai undang-undang tidak pernah berubah yaitu legislasi, berkaitan dengan pembentukan peraturan daerah. Anggaran, berkaitan dengan kewenangan dalam hal anggaran daerah (APBD) serta pengawasan yaitu kewenangan mengontrol pelaksanaan perda dan peraturan lainnya serta kebijakan pemerintah daerah.

Namun saat ini, kata dia, semua fungsi dewan itu justru lumpuh baik sisi penganggaran ataupun pengawasan. Contohnya dalam hal anggaran penanganan Covid-19, para anggota legislatif justru kesulitan untuk mengetahui data pasti penggunaan anggarannya karena dari Dinas pelaksana tidak pernah ada laporan tertulis tentang perencanaan dan penggunaan anggarannya itu sendiri.

Beberapa waktu lalu sempat ada gejolak dan semangat baru di tubuh DPRD, dengan keinginan pembentukan pansus Covid-19, namun semua itu gagal terlaksana dengan alasan para anggota dewan lebih baik mengoptimalkan fungsi AKD. Karena itu, Lili mendorong para anggota dewan untuk segera memanggil dinas atau SKPD untuk lebih mengetahui kepastiannya.

“Sampai saat ini justru belum ada laporan-laporan dari SKPD pengguna anggaran itu,” kata Lili.

Dari informasi yang diterimanya, anggaran yang dihabiskan untuk penanganan Covid-19 ini sudah mencapai Rp 205 miliar, namun ketika di konfirmasi ke DPRD, mereka justru belum memiliki data pasti penggunaan anggaran tersebut. “Kalau begini kan berarti dewan ini disfungsi, mereka dikebiri fungsi pengawasannya,” ujar Lili.

Penulis: Redaksi