Agung Yansunsan: UMKM Harus Jadi Prioritas Pemerintah

Senin, 06-07-2020 18:59 WIB    19 VIEWS
Agung Yansunsan: UMKM Harus Jadi Prioritas Pemerintah

WARTABANDUNG.COM: Pemerintah harus bisa membenahi dan memberikan prioritas bagi warga miskin baru dan lama melalui sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) agar masyarakat bisa mandiri sebagai mata pencahariannya di masa pandemi Covid-19.

Melalui sektor UMKM, anggota DPRD Kabupaten Bandung, dari Fraksi Golkar, Agung Yansusan, mengatakan, akan terdongkrak perekonomian masyarakatnya, bila ekonomi lokalnya yang berasal dari UMKM bisa kuat dan berdaya saing. Serta terdistribusi diberbagai kecamatan guna meminimalisir angka ketimpangan perekonomian masyarakat.

"Walau pun untuk saat ini Produk domestik regional bruto (PDRB) dan tenaga kerja di dominasi  oleh industri pengolahan seperti buruh pabrik dan sejenisnya. Ini momen terbaik untuk membenahi kekuatan ekonomi kerakyatan berbasiskan UMKM dengan merangsang geliat UMKM lebih kuat kembali," katanya di ruang Fraksi, Senin (6/7/2020).

Agung menjelaskan, adalah PDRB merupakan Produk Domestik Bruto (PDB) suatu daerah. Di sini PDRB menyajikan Produk domestik regional bruto menyajikan data series PDB baik atas dasar harga berlaku maupun atas dasar harga konstan 2000, yang disajikan dalam nilai rupiah maupun persentase.

Dia meminta untuk pengajuan penerima bantuan sosial dari Pemkab Bandung harus selalu terverifikasi secara "real time." Sebab kunci kesuksesan verifikasi data disini salah satunya ada di Puskesos desa. Untuk itu diharapkan SDM puskesos di desa-desa bisa memberikan data yang paling shahih kepada Dinsos Kab. Bandung yang salama ini terus dikoneksikan dengan Pemprov dan pusat.

"Juga Dinsos Kabupaten Bandung yang sudah memiliki manajemen pendataan warga miskin yang baik dan mendapatkan penghargaan Nasional tersebut, bisa menjadi pihak yang mengawal keshahihan data kemiskinan itu, sehingga tidak ada lagi cerita arwah yang sudah meninggal mendapatkan bansos," ujarnya.

Diakui Agung, saat ini dia tidak bisa membicarakan banyaknya atau prosentase warga miskin yang sudah tertanggulangi pemerintah. Namun dia mengharapkan semua warga miskin terdampak pandemi covid-19 bisa mendapatkan bantuam dari pemerintah.

Penulis: Redaksi

Editor: Hakim Nur