Mantan Pj Dirut PD Pasar Kota Bandung, Andri Salman Divonis 3 Tahun Penjara

Sabtu, 25-07-2020 20:38 WIB    44 VIEWS
Mantan Pj Dirut PD Pasar Kota Bandung, Andri Salman Divonis 3 Tahun Penjara

WARTABANDUNG.COM: Mantan  Pj. Dirut Pasar Bermartabat Kota Bandung, Andri Salman (42) divonis 3 tahun hukuman penjara.

Ia  juga dihukum membayar denda sebesar Rp150 juta, subsider 2 bulan kurungan dan membayar biaya perkara Rp5000,-.

Vonis tersebut lebih ringan 1 tahun dari Tuntutan  Jaksa Penuntut Umum (JPU) sebelumnya yang menuntut agar Andri Salman dihukum pidana selama 4 tahun penjara dan denda sebesar Rp150 juta subsider 6 bulan.

Vonis hukuman tersebut dibacakan majelis hakim yang diketuai Daryanto di Ruang Sidang Utama Pengadilan Tipikor Bandung pada Senin (4/5/2020).

Dalam amar vonis  majelis hakim menyebutkan, Andri Salman selaku Pj Dirut PD Pasar Bermartabat telah terbukti melanggar Pasal 8 Undang-undang RI Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU RI Nomor 20 tahun 2001 Tentang Perubahan atas UU RI Nomor 31 tahun 1999 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, sesuai dengan Surat Dakwaan  Tim JPU, Gani Alamsyah, SH. MH, Theo Simorangkir, SH dan Norma, SH.

Majelis Hakim, dalam pertimbangannya menyatakan berdasarkan fakta  dan keterangan 16 orang saksi  di persidangan diperoleh fakta  bahwa terdakwa terbukti melakukan tindak pidana korupsi penyimpangan dalam penggunaan aset deposito BUMD PD Pasar Bermartabat Kota Bandung ke Bank, untuk kepentingan pribadi   pada tahun 2017.

Dan berdasarkan dakwaan jaksa  akibat perbuatan terdakwa Andri Salman PD Pasar Bermartabat dirugikan sekitar Rp 2,5 miliar.

Atas vonis tersebut terdakwa dan Tim Penasihat Hukum yang diantaranya Iwan Agustian menyatakan pikir-pikir.

Panatauan Zonabandung.com di Pengadilan  usai sidang terdakwa Andri Salman langsung meninggalkan ruang sidang, hingga berita ini diturunkan JPU maupun Majelus Hakim tidak melakukan penahanan.