Basuki Bawono: Konsisten dengan Aliran Realis

Rabu, 03-10-2012 18:51 WIB    1685 VIEWS
Basuki Bawono: Konsisten dengan Aliran Realis

Seniman Pelukis Indonesia Basuki Bawono adalah pelukis yang identik dengan ciri khas naturalis dan reaslis, Basuki atau yang biasa di panggil pak Abas ini asalnya seorang Desainer Grafis. Kemudian beralih profesi sebagai Pelukis sejak tahun 2000. Berikut petikan wawancara Nur Hakim dari wartabandung.com dengan Basuki Bawono tanggal 2 Oktober 2012 di kediamannya Jl. Cikaso Selatan No. 19 B. Bandung-Jawa Barat.

Bagaimana awalnya bapak menjadi pelukis?

Pada awalnya saya memang tidak menduga kenapa bisa menjadi pelukis, waktu itu tahun 1997 mencoba belajar melukis, pada waktu ada teman saya disuruh untuk melukis dan tidak usah meneruskan usaha saya di bidang Desain Grafis. Dan Akhirnya teman saya itu memberikan modal cat dan kanvas dan biaya. Hanya waktu 3 bulan melukis sudah cukup bisa menjual. Kemudian saya mulai fokus tahun 2000.

 

Kenapa bapak lebih suka lukisan aliran realis atau naturalis?

Saya hanya bisa melukis reasli dan naturalis, karena melukis itu harus senang dengan jiwanyadan tidak usah dipaksain. Sebetulnya melukis natural sulit dari segi kemiripan, dan saya merasa sangat tertantang untuk melukis natural yang mirip dan saya mendalami.

Apakah karya bapak mirip dengan Maestro Barli Samitawinata, karena lukisan bapak hampir sama karakter naturalis dan realis Barli?

Karya saya sangat berbeda degan sang mestro Barli, karena setiap pelukis punya ciri khas dan karakter masing-masing, mungkin sama setiap pelukis punya karakter realis dan naturalis namun tetap beda dari segi goresan karakternya. Karena saya penggemar Pelukis Maestro Basuki Abdullah, bahkan ada yang bilang dari rekan-rekan saya lebih mirip karya Basuki Abdullah yang biasa di panggil BA (Basuki Abdullah) kalau saya Basuki Bawono (BB) ujar dengan guyonan.

Bagaimana tanggapan bapak dengan saingan karya pelukis lain?

Saya merasa tidak ada pesaing, walaupun ada yang mirip dan tidak saya membiarkannya. Kalau dalam sisi penjualan pesaing banyak. Namun itu tergantung dari para koalektor atau pelanggan yang membeli lukisan saya . Melukis natural dan realis lebih dimengerti oleh semua kalangan, sedangkan Pelukis abstrak hanya bisa dinikmati oleh kalangan terbatas. Sampai saat ini karya lukisan lebih banyak pesanan diantaranya Foto profil, pemandangan.

Apa bedanya pelukis professional dengan pelukis amatiran?

Itu tergantung dari pelukisnya, kalau peluksinya merasa segitu yah segitu/cukup. Misalnya dengan otodidak yah mungkin jualnya murah 100 ribu kadang lebih tergantung dari pelukisnya itu sendiri. Sedangkan dengan pelukis professional seperti Barli, Sunaryo, Affandi memiliki harga tersendiri, mungkin tidak mau dijual harga !0 Juta karena itu sesuai dengan karakter dan nilai seni yang tidak ternilai bahkan dan itu bagaimana keikhlasan pelukisnya saja dan itu harus tahu bagaimana untuk menaikkan harga lukisan.

Bagaimanan tanggapan Keluarga bapak menjadi seorang Pelukis?

Sebenarnya istri saya tidak mau disebut sebagai Pelukis lebih senang sebagai Desainer. Alhamdulilah keluarga dan anak saya mendukung bapaknya menjadi seorang Pelukis. (NH)

Biodata: Nama lengkap: Basuki Bawono Istri : Eneng Pendidikan : S1 Seni Rupa ITB (Desain Grafis) Anak: 2 Cucu: 1