520 Ribu Kendaraan Bakal Melintas Tol Cipularang dan Padaleunyi saat Arus Balik Lebaran 2024

WARTABANDUNG.COM: Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional Division (JMT) memprediksi  jumlah kendaraan yang akan kembali ke Jabotabek melewati Jalan Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang (Cipularang) dan Tol Padalarang-Cileunyi (Padaleunyi) pada arus balik Lebaran 2024 mencapai 520 ribu kendaraan.

Angka itu terakumulasi pada masa arus balik selama 12-15 April 2024. Itu naik 42,82 persen terhadap lalu lintas normal sebanyak 364 ribu kendaraan, dan meningkat 2,99 persen terhadap lalu lintas Lebaran 2023 sebanyak 505 ribu kendaraan.

“Peningkatan lalu lintas kendaraan arus balik ini merupakan kumulatif arus lalu lintas dari tiga gerbang tol (GT) Cileunyi (arah Jabotabek), GT Pasteur (arah Jabotabek), dan GT Kalitama (arah Jabotabek),” jelas Senior General Manager Jasamarga Metropolitan Tollroad, Widiyatmiko Nursejati, Sabtu (13/4/2024).

Widiyatmiko memperkirakan, dalam periode arus balik Lebaran 2024 terjadi puncak peningkatan lalu lintas kendaraan terjadi pada H+4, atau 15 April 2024.

“Diimbau kepada pemudik untuk menghindari balik pada tanggal tersebut dan menghindari waktu favorit yaitu melakukan perjalanan di pagi atau malam hari,” imbuh dia.

“Jasa Marga mengimbau pengguna jalan untuk memastikan kesiapan sebelum melakukan perjalanan, periksa kecukupan BBM dan saldo uang elektronik, serta pastikan diri dan kendaraan dalam kondisi prima sebelum memulai perjalanan,” tuturnya. Dilansir liputan6.com

Polisi Diminta Razia Travel Gelap saat Arus Balik Lebaran 2024

Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi bakal menindak tegas travel gelap yang mengangkut penumpang pada saat arus balik Lebaran 2024.

Sikap itu diambilnya gara-gara adanya temuan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), soal kecelakaan maut yang dialami satu unit minibus Gran Max di Km 58 Tol Jakarta-Cikampek beberapa hari lalu, yang ternyata adalah travel gelap. (Redaksi)

 

Redaksi
Author: Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed