oleh

Disbudpar Kota Bandung Gelar “Gema Nada Ramadhan 2021” Hybrid Virtual Online Event

-Berita-1.083 views

Wartabandung.com: Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung menggelar pertunjukan seni dan budaya secara live online kali ini bertemakan “Gema Nada Ramadahan 2021”. Kegiatan ini dalam rangka memperingati bulan suci Ramadhan dan membantu para pelaku seni di Bandung khususnya seni musik yang bernada ke Islaman diantaranya, Gabusan, Nasyid, Penca dan Musik Religi lainnya. Acara tersebut digelar tanpa EO (event organizer) karena pelaksanaan dan kepanitiaannya langsung oleh Disbudpar Kota bandung, akan tetapi sangat disayangkan beberapa kali kegiatan tersebut  tidak memberdayakan EO yang sama terpuruknya dimasa Covid -19 ini padahal akan menjadi peluang juga bagi para pelaku yang bergerak di bidang EO untuk turut dilibatkan sekaligus membantu untuk bangkit dari keprihatinannya.

Acara di gelar dengan cara virtual online dan sifatnya hybrid  yang diselenggarakan di Bandung Creative Hub. Jl. Laswi Bandung. Kamis (22/04/2021). Baru tahun ini acara pertunjukan seni budaya dari Disbudpar Kota Bandung  tersebut sering digelar tanpa adanya pemberdayaan panitia pelaksana dari pihak luar atau EO.

Menurut Hendi (Kepala Seksi Promosi Produk Budaya dan Kesenian Disbudpar Kota bandung), terkait kegiatan ini mengatakan “ Dalam masa pandemi ini, kegiatan konser musik atau gelar gema Ramadhan ini, tidak seramai dulu, karena kendala covid-19 dan acara inipun digelar dengan cara virtual online dan ini sifatnya hybrid  untuk tayang di medsos Disbudpar Kota Bandung. Ini adalah salah bantuk pemerintah dalam memberdayakan seniman, karena seniman kasihan tidak mendapatkan job dan  terpuruk karena tidak ada panggung, makanya kita berupaya untuk memberdayakan Seniman-seniman Kota Bandung.” Ujarnya kepada Wartabandung.com

“ Karena sekarang ini adalah momennya Ramadhan, maka kami tema Gema Nada Ramadhan, acara musik ini diantaranya ada musik religi dan tembang sunda Islami dan sesuai dengan tema Ramadhan saja. Acara ini kami tidak memakai EO (event organizer) karena ini kami yang langsung mengadakan dari Disbudpar Kota Bandung. Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini, seniman juga termotivasi dan semangat lagi untuk berkreativitas, berkesenian dan mudah-mudahan pandemic cepat selesai karena kasihan juga para seniman tidak bisa mendapatkan job. “ tambahnnya.

Selain itu menurut Nuzrul Irwan Irawan (Kepala Bidang Produk Budaya dan Kesenian Disbudpar Kota bandung), mengatakan “ Kita sekarang sedang tahap pemberdayaan ekonomi Nasional jadi dimasa pendemi Covid 19 ini, banyak seniman yang terdampak, dan ini diselenggarakan dalam rangka pemberdayaan seniman dimasa pandemic covid-19 dan ini hasil dari binaan Disbudpar Kota Bandung jadi kita tampilkan dan kebetulan dimasa Ramadhan ini disesuaikan dengan tema. Jadi kita juga harus memperhatikan lingkung-lingkung seni yang ada binaan dibawah bidang kita, jadi kita juga memberikan mereka ruang untuk berekspresi dan ini bertahap tidak semunya, karena lingkung seni di Kota Bandung itu kan banyak. “ tegasnya. (Hakim Nur)

Nur Hakim
Author: Nur Hakim

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed