oleh

STIE Ekuitas Wisuda 385 Lulusannya Secara Virtual

Wartabandung.com: Situasi pandemi Covid-19 yang belum berakhir, tidak membuat lulusan STIE Ekuitas kehilangan antusias untuk mengikuti acara wisuda walau diselenggarakan secara virtual. Hari Kamis, 19 Agustus 2021, STIE Ekuitas melaksanakan wisuda gelombang I tahun akademik 2020/2021, yang di ikuti 385 lulusan Magister, Sarjana dan Ahli Madya secara virtual di kediamannya masing-masimg.

Para wisudawan menyadari walaupun dilaksanakan secara virtual, wisuda tetap merupakan bagian penting dalam perjalanan hidupnya, dan bagi mereka wisuda secara virtual merupakan moment bersejarah, karena semakin menyadari bahwa saat ini keterbatasan bukan merupakan halangan untuk melakukan berbagai aktifitas.

Walau pun adanya hambatan dan rintangan bukan alasan bagi STIE Ekuitas untuk memberikan yang terbaik bagi para wisudawan untuk menyiapkan dan menyelenggarakan wisuda secara daring yang berkesan.

Acara ini sudah mendapatkan ijin dari satgas covid-19 kecamatan dan warga setempat.  Undangan yang hadir sangat terbatas dan wajib mematuhi protokol kesehatan serta sehari sebelum acara harus di swab anti gen terlebih dahulu yang di siapkan pihak kampus.            Acara di hadiri Wakil Ketua I Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni Dr. Ir. Dani Dagustani, MM. Wakil Ketua II Bidang Keuangan, dan Pengelolaan Aset Dr. Neneng Hayati, SE,.MM. dan Wakil Ketua III Bidang Pengembangan, Riset, dan Inovasi Dr. Anton Mulyono Aziz, SE., MT., juga para lulusan terbaik yang didampingi orangtuanya.

Baca Juga: Membahas Problematika UKT yang Menyandra Dunia Akademik dan Kemahasiswaan

Pimpinan dan Senat STIE Ekuitas memasuki ruang upacara tepat pukul 08.00 WIB. Ketua STIE Ekuitas Prof. Dr. rer nat. Martha Fani Cahyandito, SE, M.Sc, CSP., membuka secara resmi upacara wisuda virtual (virtual graduation ceremony) dan dalam sambutannya beliau menyampaikan ucapan selamat dan sukses kepada seluruh wisudawan/wisudawati yang telah berhasil menyelesaikan tahapan program pendidikannya, baik Magister, Sarjana dan Ahli Madya, sesuai bidangnya masing-masing.

Lebih lanjut, Prof. Dr. rer nat. Martha Fani Cahyandito, SE, M.Sc, CSP., menyampaikan bahwa sebagai pendidikan tinggi STIE Ekuitas terus berusaha menunjukkan komitmennya untuk menjadi Perguruan Tinggi terbaik dalam memberikan kualitas pendidikan, yang relavan dengan kebutuhan dunia kerja. Selain itu, Prof. Fani menuturkan bahawa Ekuitas menyiapkan mahasiswanya sebagai sumber daya manusia unggul tidak hanya dari segi kemampuan akademis, teknis, tetapi juga memiliki kemampuan yang dibutuhkan perusahaan atau hard skill, dan  keterampilan soft skill seperti komunikasi interpersonal, kepemimpinan, kerjasama dan yang tak kalah penting adalah kewirausahaan.

Pada wisuda STIE Ekuitas gelombang I tahun akademik 2020/2021 ini, dari 385 wisudawan, 166 wisudawan berhasil lulusan dengan predikat Cum Laude atau dengan pujian. Selain itu, terdapat beberapa wisudawan yang patut mendapatkan penghargaan karena perolehan IPK tertinggi, diantaranya diraih oleh; Heryana Supriadi dari Prodi Magister Manajemen S1 dengan IPK 3,78. Yasa Widya Tami dari Prodi Manajemen S1 dengan IPK 3,90. Puput Puspitasri Prodi Akuntansi S1 dengan IPK 3,95. Anisa Sahdyani Prodi Perbankan dan Kuangan D3 dengan IPK 3,87 dan Runi Citra Prodi Akuntansi D3 dengan IPK 3,92.

Pada wisuda kali ini orasi ilmiah secara virtual disampaikan oleh Menteri Koperasi dan UMKM Drs. Teten Masduki dengan tema “ Wirausaha Merupakan Pilihan Terbaik di Era Pandemi Covid-19”

“STIE Ekuitas saat ini menjadi salah satu lembaga pendidikan yang sudah mendapatkan tempat yang baik di hati masyarakat. Hal tersebut dapat dilihat dari jumlah peminat yang ingin melanjutkan pendidikan di Ekuitas dari tahun ke tahun mengalami peningkatan yang sangat berarti. Pada tahun akademik 2020/2021 jumlah peminat yang ingin melanjutkan pendidikan di Ekuitas tercatat 1.208 orang dan yang registrasi sebanyak 890 orang. Sedangkan jumlah mahasiswa yang sedang mengikuti pendidikan sampai saat ini berjumlah 2.526 orang.

Sebagai salah satu sekolah tinggi ilmu ekonomi (STIE) yang unggul di Jawa Barat dan Banten, STIE Ekuitas terus meningkatkan kualitas melalui perolehan berbagai prestasi baik ditingkat nasional maupun internasional. Hal ini dibuktikan dengan diraihnya penghargaan dari Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IV Jawa Barat dan Banten kepada STIE Ekuitas yakni ‘Meraih Predikat STIE Terbaik di Wilayah Jawa Barat dan Banten 2020,” jelas Prof. Fani.

Dikatakan Prof. Fani, dalam rangka meningkatkan kinerja dan mutu STIE Ekuitas telah melaksanakan MoU, diantaranya dengan; Forum Human Capital Indonesia (FHCI), STIE YKPN Yogyakarta, STEBI Lampung, STIE Perbanas Surabaya, Universitas Mercu Buana, Trust Microsoft, Hd Tax Centerr, Politeknik Praktisi Bandung, Universitas PGRI Yogyakarta, Itenas, AHS Consultant, Quadra Luminari, Swift English School, UNISBA, Pemrov. Jawa Barat, PT. Valbury Asia Futures, Universitas Majalengka, BINUS, UPI, Pemkot. Bandung, DJP Kanwil I Jawa Barat, Pemkot. Cimahi, Bank bjb, Jabar Bergerak dan Koperasi DJP.

“Civitas Akademi STIE Ekuitas sangat meng-apresiasi dan berterimakasih kepada YKP BJB dan Direksi BJB sebagai Dewan Pembina STIE Ekuitas, yang telah memberikan perhatian dan mendukung penuh bagi kemajuan Ekuitas. Alhamdulillah Ekuitas mendapatkan kepercayaan di hati masyarakat,”jelasnya.

Kepala LL Dikti Wilayah IV Jawa Barat dan Banten Ir. Dharnita Chandra, M.SI., dalam sambutan virtualnya mengatakan lulusan STIE Ekuitas harus dapat memberikan manfaat bagi kesejahteraan dan kehidupan bangsa Indonesia. Ini bukti kerja keras dan sungguh-sungguh civitas akademika STIE Ekuitas memberikan yang terbaik untuk meningkatkan mutu lulusannya sehingga dapat menjadi kebanggaan.

“Di Era industri 4.0 masa pandemi covid-19, para lulusan harus meyiapkan diri sebaik-baiknya dengan adanya perubahan. Lulusan harus mampu meningkatkan kekuatan tubuh, mampu berkomunikasi yang baik dengan mengusai bahasa inggrish, kreatif bagaimana menciptakan lapangan kerja di era 4.0. Juga Kolaboratif bekerja dalam tim dengan banyak networking dan memiliki karakter berdisiplin tinggi serta mampu bertanggung jawab,” kata Dharnita.

Sementara itu Direktur Utama BJB Yuddy Renaldi, mengatakan sangat bersyukur masih bisa melaksanakan wisuda walaupun dalam keadaan pandemi. Meskipun melalui virtual namun diharapkan lulusannya harus tetap unggul terutama dalam bidang ekonomi, keuangan, dan perbankan. “Karena STIE Ekuitas memiliki dosen-dosen yang ahli dan berpengalaman dibidangnya. Bank BJB akan terus memberikan dukungan penuh kepada lulusan Ekuitas untuk dapat bekerja di BJB,” kata Yuddy.

Menurutnya, Bank bjb memberikan perhatian lebih tinggi bagi sektor pendidikan karena pendidikan merupakan hal terpenting yang harus menjadi prioritas utama dalam upaya pengembangan masyarakat. “Bank bjb ingin turut serta dalam membentuk generasi mendatang yang berkualitas. Tentu merupakan suatu kebanggaan bagi bank bjb bisa berkontribusi pada pembentukan generasi wirausaha di masa depan melalui lulusan dari STIE Ekuitas,” pungkasnya.

KETERANGAN FOTO :

1. Ketua STIE Ekuitas Prof. Dr. rer nat. Martha Fani Cahyandito, SE, M.Sc, CSP., menyampaikan sambutannya pada acara wisuda gelombang I tahun akademik 2020/2021 yang dilakukan secara virtual.*

2. Pelantikan Wisudan Lulusan Terbaik oleh Ketua STIE Ekuitas.*

3. Foto bersama Ketua STIE Ekuitas Prof. Dr. rer nat. Martha Fani Cahyandito, SE, M.Sc, CSP., Waka. I Bid. Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni Dr. Ir. Dani Dagustani, MM., Waka. II Bid. Keuangan, dan Pengelolaan Aset Dr. Neneng Hayati, SE,.MM. dan Waka. III Bidang Pengembangan, Riset, dan Inovasi Dr. Anton Mulyono Aziz, SE., MT., bersama para lulusan terbaik.*

4. Ikatan Alumni (IKA) STIE Ekuitas yang diwakili lulusan terbaik Puput Puspitasari memberikan donasi buku yang diterima ketua STIE Ekuitas Prof. Dr. rer nat. Martha Fani Cahyandito, SE, M.Sc, CSP.*

5. Foto bersama Senat STIE Ekuitas.*

6. Pemberian Sertifikat Kelulusan oleh ketua STIE Ekuitas Prof. Dr. rer nat. Martha Fani Cahyandito, SE, M.Sc, CSP., kepada para lulusan terbaik. *

Admin
Author: Admin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed