oleh

Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat Harap Kota Bandung Adaptasi Terhadap COVID-19 dan Industri 4.0

WARTABANDUNG.COM: Dalam perayaan hari jadi Bandung ke-211, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berharap Kota Bandung dapat beradaptasi dengan mulus terhadap pandemi COVID-19 dan revolusi industri 4.0.

Menurut Ridwan Kamil, akibat revolusi industri 4.0 ini akan ada pekerjaan-pekerjaan yang hilang sekaligus pekerjaan baru.

Pemerintah Kota Bandung perlu lebih cepat mereformasi birokrasi. Misalnya dengan memindahkan aparatur sipil negara (ASN) yang mengerjakan pekerjaan rutin ke pekerjaan yang lebih dinamis.

“Tolong direformasi ASN/PNS-nya dari kerjaan rutin pindahkan ke kerjaan dinamis,” ujar Ridwan Kamil rapat paripurna Hari Jadi Kota Bandung (HJKB) di gedung DPRD Kota Bandung, Jalan Sukabumi, Kota Bandung, Sabtu (25/9/2021).

Kaitan dengan pandemi, kata Ridwan Kamil, ada budaya baru yang harus lebih depat dipelajari yakni digitalisasi.

Contoh sebelumnya tak ada yang menyangka dan berpikiran akan ada sekolah dan bekerja secara _online_ akibat pandemi.

“Jadi respons-respons ini harus dipahami karena disrupsi itu tidak ada belas kasihan. Kepada yang tidak siap dia akan ditinggalkan, kepada yang siap dia akan memberikan karpet merah,” ungkap Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil berharap hal ini dapat disikapi sebagai renungan untuk meraih kesuksesan.

“Saya titip buat disrupsi besar ini, mudah-mudahan disikapi dan menjadi sebuah renungan meraih sebuah kesuksesan di masa depan,” tandasnya. (*)

Redaksi
Author: Redaksi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed