oleh

Aliansi Mahasiswa UPI Tuntut Kampus Benahi Kebijakan UKT

WARTABANDUNG.COM, Bandung: Aliansi Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia mendesak pimpinan rektorat benahi masalah dan kebijakan Uang Kuliah Tunggal (UKT) selama pandemi Covid-19.

Hal ini disebabkan timbul keresahan dari sebagian mahasiswa UPI yang terkendala menyelesaikan administrasi berkaitan dengan UKT karena faktor ekonomi yang terdampak pandemi berkepanjangan.

Sehingga, pihak Aliansi Mahasiswa UPI melakukan audiensi dengan pimpinan rektorat terkait pembahasan mengenai kebijakan UKT dan status kemahasiswaan.

Menurut mereka, kebijakan rektorat yang sekarang tidak berkeadilan dan berpihak kepada mahasiswa UPI di tengah kondisi yang sulit seperti pandemi sekarang.

Selanjutnya, berikut isi pernyataan dari Aliansi Mahasiswa UPI:

Beberapa permasalahan yang sudah disampaikan oleh pihak mahasiswa tidak kunjung menemukan solusi dan pihak rektorat angkat tangan atas permasalahan yang dialami oleh mahasiswa UPI. Adapun tuntutan yang dilayangkan oleh pihak mahasiswa adalah sebagai berikut:

1. Mendesak UPI untuk merealisasikan Permendikbud No. 25 tahun 2020 pasal 12 mengenai verifikasi ulang UKT.
2. Mendesak UPI untuk melakukan relaksasi Peraturan Rektor No. 014 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan UPI 2021 mengenai mahasiswa yang dianggap mengundurkan diri dikarenakan tidak melakukan pembayaran biaya Pendidikan dan tidak mengajukan cuti akademik selama 60 hari kerja.
3. Menuntut UPI melakukan aktivasi mahasiswa non-aktif dikarenakan Peraturan Rektor No. 014 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan UPI 2021.
Merujuk pada Undang-Undang No. 12 tahun 2012 tentang Perguruan Tinggi bahwa mahasiswa berhak secara aktif mengembangkan potensinya dengan melakukan pembelajaran dan berhak mendapatkan layanan Pendidikan yang berkeadilan sesuai dengan bakat, potensi, dan kemampuannya.

Pungkasnya, pihak mahasiswa meminta pihak rektorat segera merealisasikan tuntutan tersebut, yang merupakan keresahan mahasiswa UPI saat ini.*(Redaksi)

Redaksi
Author: Redaksi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed