Pemprov Jabar Kunjungi Bazar Ramadhan Difabel Dinsos

WARTABANDUNG.COM, Cimahi: Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja mengunjungi sekaligus menutup Bazar Ramadan Difabel Dinas Sosial (Dinsos) di Panti Sosial Rehabilitasi Penyandang Disabilitas (PSRPD), Kota Cimahi, Jumat (15/4/2022).

Bazar yang digelar Dinsos Provinsi Jabar dalam rangkaian kegiatan Ramadan 1443 H tersebut menampilkan hasil karya para penyandang disabilitas pada 11-14 April 2022.

Dalam kegiatan tersebut, Setiawan menekankan pentingnya jejaring untuk mendistribusikan karya para penyandang disabilitas. Menurutnya, jejaring harus diperkuat dari hulu sampai hilir, dari produksi sampai pemasaran produk.

Apalagi, kata Setiawan, penyandang disabilitas binaan Dinsos Jabar memiliki potensi dan prospek baik dalam mengembangkan produk. Oleh karena itu, ia berharap ada off-taker yang dapat menghubungkan produk penyandang disabilitas ke pasar lebih besar.

“Agar ada yang membeli, menampung produk, ini terkait dengan pemasaran,” kata Setiawan.

Selain itu, Setiawan mengatakan bahwa pemasaran produk penyandang disabilitas secara online perlu diperkuat. Itu karena aktivitas jual-beli secara daring terus meningkat.

Terlebih, Pemda Provinsi Jabar sudah menyediakan platform yang bisa dimanfaatkan penyandang disabilitas, seperti tokodewe.id dan borongdong.id.

“Sehingga apabila ada pesanan online, produk di-pack, terjamin, terstandardisasi, dan dikirimkan secara tepat waktu,” ucapnya.

“Terus dikembangkan teman-teman di sini yang perajin batik, kerajinan tangan, craft, bisa terpromosikan dengan metode pemasaran baru, dengan yang kekinian tadi,” tambahnya.

Setiawan juga mendorong pengembangan produk penyandang disabilitas didukung oleh Forum CSR Jabar. “Didorong agar ada teman-teman dari CSR perusahaan untuk meningkatkan di sini,” katanya.

“Saya rasa adik-adik kita yang terus dibina, punya talenta, kalau bisa di sini diadakan pemetaan talenta, sehingga terkelompokan sesuai minatnya, kemudian kita dorong cari instruktur terbaik, jadi dia bisa jadi instruktur selanjutnya, ini seperti training of trainers,” imbuhnya.*(Redaksi)

Redaksi
Author: Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed