oleh

DPRD Kabupaten Bandung: Orang Tua Harus Tahu Lembaga Pengajar untuk Anaknya

WARTABANDUNG.COM, Soreang: Ketua DPRD Kabupaten Bandung, Sugianto mengatakan peran orang tua sangat dibutuhkan dengan adanya kasus pencabulan murid ngaji di Pangalengan. Sehingga, orang tua bisa melakukan kontrol dan mengevaluasi lembaga pengajar tersebut.

“Ini sebetulnya yang paling krusial itu adalah, bagaimana peran orang tua juga, itu yang paling penting. Saya menitipkan adanya peran orang tua. Kalau biasanya etika dalam sebuah pembelajaran, orang tua harus punya fungsi kontrol dan evaluasi juga. Apakah pengajarannya benar atau tidak, ini orang tua harus tahu,” jelasnya.

“Jadi pengetahuan ini juga harus dimiliki juga oleh orang tua. Bukan hanya dibebankan guru, apalagi si anaknya misalkan belajar ngajinya itu tanpa panduan dari orang tua, ini juga suatu kesalahan yang harus kita koreksi,” tambahnya.

Sugianto mengimbau para orang tua untuk bisa mengetahui rekam jejak lembaga pendidikan tempat di mana anaknya mengenyam pendidikan. Dengan itu, kata dia, bisa meminimalisir kejadian tersebut.

“Kalau lembaga pendidikannya abu-abu atau tidak jelas ini jangan coba-coba dititipkan belajar di sana. Harus jelas lah, apakah berbadan hukum atau tidak, terus apakah itu juga berangkatnya dari masyarakat atau tidak. Jadi ujug-ujug datang ke daerah tersebut. Jadi ini masyarakat harus waspada penyelenggaraan lembaga pendidikan,” tuturnya.

Dia menambahkan pendidikan seks terhadap setiap anak diperlukan. Apalagi, menurutnya penyebaran informasi di media sosial (medsos) begitu deras.

“Pendidikan seks terhadap anak itu juga diperlukan, jadi sejak dini kita harus menyampaikan. Kan sekarang ini medsos itu lebih jitu ya, nah untuk mengimbangi medsos, maka peran tokoh masyarakat, terus peran tokoh agama, DKM, bahkan kementerian agama dengan KUA nya, penyuluh penerangan agama islamnya di lapangan, ini harus punya peran yang sama,” ucapnya.

“Jadi saya inginnya semua terlibat kita berjibaku bahkan DPRD Kabupaten Bandung pun siap nanti kita bersama-sama menangani masalah tersebut,” pungkasnya.*(Redaksi)

Redaksi
Author: Redaksi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed